Kamis, 05 Maret 2015

Istilah Mekatronika dan Sejarahnya

mechatronics-en
         Mekatronika berasal dari 3 jenis kata yaitu Mekanika, Elektronika dan Informatika, Sejarah kata Mekatronika pertama kali dikenalkan pada tahun 1969 oleh sebuah perusahaan di Jepang yang bernama Yaskawa Electric Cooperation. Dimana Teknik Mekatronika merupakan bagian dari beberapa disiplin ilmu diantaranya adalah Teknik Mekanik, Teknik Elektronik, Teknik Informatik, serta Ilmu Kontrol Cerdas atau Sistem Rekayasa Kendali.


      Menurut IEEE 1996 ( IEEE Mechatronics Transaction, 1996) : Mechatronics is the synergistic integration of mechanical engineering with electronics and intelligent computer control in the design and manufacturing of industrial products and processes.
yang artinya Mekatronika adalah integrasi sinergis dari teknik mesin dengan elektronik dan kontrol komputer cerdas dalam desain dan pembuatan produk industri dan yang berproses.


Di Indonesia Istilah Mekatronika didefinisikan sebagai sinergis IPTEK teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika dan teknik pengaturan (atau teknik kendali) untuk merancang, membuat atau memproduksi, mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Musyawarah Nasional Mekatronika, Bandung 28 juli 2006)

pada saat ini banyak sekali bidang ilmu yang digunakan yang berkaitan dengan teknik Mekatronika diantaranya bidang pertahanan (defence), kedirgantaraan (aerospace), kesehatan (medical), Otomasi Industri serta Robotika. dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di Indonesia Mekatronika juga jadikan jurusan atau mata kuliah tersendiri di beberapa Universitas dan Perguruan Tinggi salah satunya adalah di Politeknik Elektonika Negeri Surabaya ( PENS ), dimana di Perguruan Tinggi Vokasional ini Teknik Mekatronika adalah suatu jurusan yang membekali mahasiswanya dibidang Teknik Mekanik dan Mesin, Teknik Elektronik, Teknik Informatika serta Otomasi Industri, yang bercenderung di bidang Robotika. Di Mekatronika PENS terdapat berbagai mata kuliah yang mendukung Mekatronika, di semester awal terdapat mata kuliah dasar seperti  Elektronika Dasar, sebagai penunjang awal mahasiswa dibidang elektronika, ada juga Rangkaian Listrik, serta Rekayasa Mekanika Statika/Dinamika dan ilmu material sebagai penunjang teknik Mekanik, serta bahasa Pemrograman untuk membekali mahasiswa dibidang Informatika yang nanti semuanya akan di sinergikan dalam Mekatronika.  penulis sendiri juga merupakan mahasiswa teknik mekatronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya angkatan tahun 2013. saat artikel ini ditulis, penulis juga masih duduk di bangku kuliah di Jurusan Mekatronika semester 4. 

jika penulis boleh berpendapat sendiri, menurut penulis Mekatronika adalah " The Universal science Engineering " atau jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia  adalah " Teknik Ilmu Sains Universal" karena manfaatnya yang sangat banyak di bidang apapun, seperti bidang pertahanan, kedirgantaraan, kesehatan, industri, kecerdasan buatan, riset, telekomunikasi, kelistrikan, serta masih banyak yang lainya yang tidak dapat penulis tuliskan satu persatu.

mungkin cukup sekian yang dapat penulis bagikan kepada para pembaca yang setia, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Posting Komentar